Inovasi Kotak Suara dari PP Board Diklaim Lebih Awet dan Minim Sampah Plastik
Cerdas MemilihNewsHot

Foto : Dokumentasi Isty/TVRI. Kotak suara dari material PP Board milik Alvaboard pernah digunakan saat Pilkades di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang .

Tangerang, tvrijakartanews - Sebuah perusahaan pembuat kotak kemasan mengeluarkan inovasi kotak suara tahan air khusus untuk Pemilihan Umum. Kotak suara ini dibuat menggunakan material PP Board, yang diklaim lebih aman dan tahan lama, bahkan bisa mengurangi sampah plastik.

CEO ALVAboard Alden Lukman menjelaskan bahwa kotak suara ALVAboard sangat kokoh dan tahan terhadap berbagai kondisi distribusi. Hal ini memungkinkan kotak suara ALVAboard untuk dikirim ke seluruh pelosok Indonesia, baik melalui jalur darat maupun laut, tanpa khawatir akan kerusakan. Kotak dari bahan ini juga bisa dipakai berulang kali karena materialnya yang mirip seperti plastik.

"ALVAboard memastikan keamanan surat suara, bahkan dalam kondisi yang ekstrim seperti banjir. Tak hanya itu, jika proses pemungutan suara sudah selesai, kotak suara ALVAboard tidak perlu di-packing menggunakan plastik lagi, jadi dapat menghemat penggunaan plastik packing,” ungkapnya pada Kamis (19/9/2024).

Alden melanjutkan bahwa kotak dari material ini juga memiliki sifat seperti kotak kardus pada umumnya yang ringan dan mudah dilipat. Namun, memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap berbagai kondisi, seperti air dan benturan. Hal ini membuat proses pemungutan suara menjadi lebih aman dan terpercaya. Terlebih jika berkaca pada Pemilu lalu dimana beberapa daerah sempat dilanda banjir sehingga kotak suara dan bilik suara rawan sobek.

"Dengan material polypropylene yang berkualitas, kotak suara kami memberikan keamanan ekstra untuk surat suara. Tidak hanya anti sobek, kotak ini juga tahan air dan tahan rayap, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi. Pengalaman penggunaan di London, Kalimantan, dan Tangerang telah membuktikan ketahanannya,” papar Alden.

Alvaboard sendiri memang memproduksi kotak penyimpanan dengan bahan dasar Polypropylene yang telah diinovasi. Bahan ini juga tahan terhadap benturan dan tekanan, sehingga lebih awet dari kotak dengan bahan plastik biasa karena sifatnya yang lentur dan mudah dibersihkan.